PT
MR-Benget-Lumban Tbk. merupakan sebuah perusahaan manufaktur terkemuka di
Washington DC Amerika Serikat yang menjual spare part khusus untuk mobil
Lamborghini Gallardo serta Mercedez Benz Mclaren SLR 500. Mr. Hutajulu yang
merupakan pemilik sekaligus pemberi inovasi di dalam perusahaan tentu ingin
sekali meningkatkan penjualan setiap saat. Mr. Hutajulu kemudian mengambil
beberapa variabel yang akhirnya dia perkirakan akan meningkatkan penjualan
perusahaannya ke depannya. Mr. Hutajulu memperkirakan bahwa biaya iklan atau
promosi dan harga per produk sangat menentukan jumlah unit barang yang terjual di
masa depan.
Dengan dilandasi
semangat untuk terus membuat perusahaannya Going
Concern, Dia kemudian membuat suatu penelitian apakah biaya iklan atau promosi
dan harga per produk mempengaruhi tingkat unit barang yang terjual. Untuk
memudahkan penelitiannya, Mr. Hutajulu mengambil secara acak penjualan, biaya
promosi, dan harga produk di dalam 10 (sepuluh) minggu kinerja perusahaannya
sebagai berikut:
Jumlah Unit
Penjualan Barang (JUPB) dalam unit
|
Harga Per Unit
Barang (HPUB) dalam $
|
Biaya Iklan
atau Promosi (BP) dalam $
|
12000
|
1,000
|
1,100,000
|
21000
|
2,400
|
1,600,000
|
6000
|
1,000
|
600,000
|
12000
|
1,500
|
1,500,000
|
10000
|
1,400
|
1,800,000
|
11000
|
1,500
|
1,200,000
|
4000
|
750
|
700,000
|
4000
|
400
|
500,000
|
17000
|
2,000
|
1,500,000
|
26000
|
1,500
|
2,100,000
|
Setelah
mengambil acak data di atas, Mr. Hutajulu kemudian menggunakan SPSS untuk
membantunya mengolah data tersebut. Tidak lupa, Mr. Hutajulu juga melakukan uji
Normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heterokedastisitas, Uji Autokorelasi,
dan uji lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.
Mr. Hutajulu
tersenyum puas, sebab dia akan segera mengetahui apakah harga dan biaya iklan
mempengaruhi penjualannya.
Bagaimana menggunakan SPSS dalam
mengolah data di atas? (Uji Normalitas,
uji Multikolinieritas, uji Heterokedastisitas, Uji Autokorelasi, dan uji
lainnya)
Untuk Jawaban dari Kasus di atas, dapat di download di bawah ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar