Debit, Credit, Assets, Liabilities, Equity, Banking, Income statement, Taxation, MYOB, Merger, Validation, Cash Flow, Statement of Financial Position, Accrual Basis, Cash, Trial Balance, Inventory, LIFO, FIFO, Prepaid Insurance, Equipments

Minggu, 02 Maret 2014

KASUS PENELITIAN DENGAN SPSS




PT MR-Benget-Lumban Tbk. merupakan sebuah perusahaan manufaktur terkemuka di Washington DC Amerika Serikat yang menjual spare part khusus untuk mobil Lamborghini Gallardo serta Mercedez Benz Mclaren SLR 500. Mr. Hutajulu yang merupakan pemilik sekaligus pemberi inovasi di dalam perusahaan tentu ingin sekali meningkatkan penjualan setiap saat. Mr. Hutajulu kemudian mengambil beberapa variabel yang akhirnya dia perkirakan akan meningkatkan penjualan perusahaannya ke depannya. Mr. Hutajulu memperkirakan bahwa biaya iklan atau promosi dan harga per produk sangat menentukan jumlah unit barang yang terjual di masa depan.
Dengan dilandasi semangat untuk terus membuat perusahaannya Going Concern, Dia kemudian membuat suatu penelitian apakah biaya iklan atau promosi dan harga per produk mempengaruhi tingkat unit barang yang terjual. Untuk memudahkan penelitiannya, Mr. Hutajulu mengambil secara acak penjualan, biaya promosi, dan harga produk di dalam 10 (sepuluh) minggu kinerja perusahaannya sebagai berikut:

Jumlah Unit Penjualan Barang (JUPB) dalam unit
Harga Per Unit Barang (HPUB) dalam $
Biaya Iklan atau Promosi (BP) dalam $
12000
1,000
1,100,000
21000
2,400
1,600,000
6000
1,000
600,000
12000
1,500
1,500,000
10000
1,400
1,800,000
11000
1,500
1,200,000
4000
750
700,000
4000
400
500,000
17000
2,000
1,500,000
26000
1,500
2,100,000

Setelah mengambil acak data di atas, Mr. Hutajulu kemudian menggunakan SPSS untuk membantunya mengolah data tersebut. Tidak lupa, Mr. Hutajulu juga melakukan uji Normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heterokedastisitas, Uji Autokorelasi, dan uji lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.
Mr. Hutajulu tersenyum puas, sebab dia akan segera mengetahui apakah harga dan biaya iklan mempengaruhi penjualannya.
Bagaimana menggunakan SPSS dalam mengolah data di atas? (Uji Normalitas, uji Multikolinieritas, uji Heterokedastisitas, Uji Autokorelasi, dan uji lainnya)


Untuk Jawaban dari Kasus di atas, dapat di download di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar